Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disbudpar Pulang Pisau Dukung Pelaksanaan Mamapas Lewu Jadi Destinasi Wisata

  • Oleh Asprianta
  • 05 April 2021 - 00:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) mendukung gagasan masyarakat Adat Dayak untuk menggelar acara Memapas Lewu.

Hal tersebut disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disbudpar Pulpis Osa Maliki, saat dikunjungi Dewan Perwakilan Daerah Forum Pemuda Dayak (DPD Fordayak) Pulpis.

“Kami sangat mendukung masyarakat Dayak Pulang Pisau ingin melaksanakan acara Memapas lewu. Selain melestarikan adat istiadat warga Dayak yang menjadi warisan leluhur. Acara ini kalau dikemas dengan menarik dapat dijadikan destinasi wisata,” ucap Osa, Minggu.

Osa Mengatakan, mamapas lewu ini mempunyai tujuan untuk memulihkan keseimbangan hubungan antara manusia dan dengan alam sekitar agar terhindar dari marabahaya dan marabencana.

Selain itu warisan leluhur itu harus bisa terus dilestarikan dan dijaga sebagai warisan budaya yang melekat pada masyarakat Dayak agar tak punah dan tergusur oleh perubahan jaman serta kemajuan perkembangan teknologi dan informasi.

Dalam rangka melestarikan adat istiadat, pihaknya telah memprogramkan kegiatan festival seni budaya yang akan dilaksanakan di 8 Kecamatan wilayah Pulpis.

“Kami telah memprogramkan Festival budaya di 8 kecamatan. Festival itu akan diisi oleh perlombaan seni budaya dan kegiatan ritual  yang diinginkan oleh masyarakat adat di kecamatan tersebut,” katanya.

Terkait melaksanakan mamapas lewu pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan pihak panitia agar acara tersebut dapat terlaksanak dengan baik.

“Kalau berbicara anggaran ya memang belum ada. Tapi saya yakin dengan semangat yang ada saat ini dan dukungan semua pihak acara ini akan terlaksana,” ungkapnya.

Sebelumnya Dewan Adat Dayak (DAD) Pulpis dan Lembaga Kedamangan bersama Fordayak Pulpis telah menggelar rapat terkait pembentukan panitia Pelaksanaan Mamapas Lewu Pulpis.

Berita Terbaru