Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Ternate Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Harus Dampingi Perangkat Desa

  • Oleh Naco
  • 05 April 2021 - 20:25 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur, H. Rudianur menegaskan kepada pemerintah kabupaten untuk aktif mendampingi para kepala desa yang masih baru menjabat dalam menggunakan anggaran dana desa. 

Baik sejak perencanaan awal hingga pelaksanaan dan pelaporan secara administrasi. Hal ini untuk menekan adanya penyalahgunaan dana desa hingga kesalahan dalam pemanfaatannya 

"Kepada Pemkab Kotim wajib lakukan pembinaan dari perencanaan, pengganngaran, pelaksanaan hingga  pelaporan dana desa, jangan biarkan kepala desa dan perangkatnya bekerja sendiri," kata  Rudianur, Senin, 5 April 2021.

Selain itu juga  pemerintah kata dia mesti melakukan pendampingan secara  professional kepada pemerintah di desa. Dari itu, dirinya sangat sepakat agar kepala desa dan perangkatnya ini terus diperkuat SDM-nya.

”Ada pelatihan dan bimbingan teknis  dalam penggunaan anggaran guna mencegah adanya kesalahan dalam pelaporan dan pemanfaatan dana desa, apalagi ini banyak kepala desa baru dilantik," tukasnya.

Begitu juga kepada seluruh kepala desa hendaknya rutin dilakukan monitoring dan evaluasi. Paling tidak 3 bulan sekali mesti dilakukan secara berkesinambungan. 

Dia mendorong agar  pemkab Kotim juga menyediakan  bantuan hukum bagi kepala desa yang memerlukan. Terutama di saat jadi bidikan penegak hukum. 

“Lakukan pengawalan dan bantuan hukum terhadap mereka yang terlibat kekeliruan dalam kebijakan," tukasnya.

Menurut politisi Partai Golkar Kotim tersebut,  langkah tersebut bukan melindungi  oknum kepala desa yang secara sengaja berbuat melanggar aturan. Tetapi lebih mengarah kepada upaya pencegahan dan minimalisir tindakan penyalahgunaan dana desa. 

“Saya yakin dan percaya para kepala desa yang ada saat ini motivasi mereka sama yakni membangun desa masing-masing dengan cara mereka masing-masing pula," tandasnya.(NACO/B-7)

Berita Terbaru