Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yahukimo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Luhut Panjaitan Agendakan Cek Food Estate Kalteng

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 06 April 2021 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Jendral Purn Luhut Binsar Panjaitan mengagendakan kunjungan ke Kabupaten Kapuas pada Selasa, 6 April 2021.

"Kunjungan ini dalam rangka mendukung pengembangan Food Estate Kalteng di lokasi eks-PLG," sebut Sekertaris Daerah (Sekda) Kalteng Fahrizal Fitri.

Luhut dijadwalkan tiba di Palangka Raya pada siang ini dan berencana berangkat ke kawasan Food Estate di Kabupaten Kapuas pada sore nanti.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (DTPHP), Sunarti sebelumnya menyampaikan bidang kemaritiman dan investasi akan melakukan peninjauan di kawasan Belanti dan Dadahup.

"Tanggal 6 April pak Luhut datang ke Belanti dan besoknya ke Dadahup," terang Sunarti.

Sunarti menyampai memang untuk kawasan Food Estate total progresnya sampai saat ini 90 persen. Kabupaten Pulang Pisau sudah tuntas 100 persen, sisanya tinggal di Kabupaten Kapuas.

Pengolahan di Kabupaten Kapuas memang terkendala kondisi alam. Kawasan tersebut susah ditinggalkan petani 15 tahun lebih karena banjir dan kandungan asamnya tinggi.

"Ini yang kita buka, namun memang awal dibuka kemarin tidak bisa langsung ditanam. harus menunggu pembusukan dan pematangan lahan," tandasnya. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru