Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bungo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelaksanaan Ujian Sekolah Tingkat SMP di Kapuas Dilakukan Tatap Muka, Sebagian Daring

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 06 April 2021 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dalam mengakhiri tahun ajaran 2020/2021, maka dilaksanakan ujian sekolah tingkat SMP di Kabupaten Kapuas sejak tanggal 5 - 10 April 2021 mendatang.

Dalam pelaksanaannya dilakukan secara tatap muka atau Luring (luar jaringan), dan sebagian Daring (Dalam jaringan), karena masih dalam masa pandemi covid-19.

Kepala Dinas Pendidikan Kapuas, Suwarno Muriyat mengatakan terdapat 94 SMP dalam wilayah Kabupaten Kapuas yang dilaksanakan secara tatap muka atau luring, selebihnya 30 sekolah secara Daring.

"Penetapan pilihan secara Luring atau Daring setelah sebelumnya kepala sekolah berkonsultasi kepada Camat setempat selaku Ketua Satgas Covid-19, serta mencermati keadaan pandemi dalam wilayah masing-masing," kata Suwarno, Selasa 6 April 2021.

Suwarnl menjelaskan, bahwa hampir semua sekolah yang berada di zona merah, dan orange karena rawan penularan Covid-19 melaksanakan ujian secara Daring atau online.

“Seperti di Kecamatan Selat, Kapuas Barat, dan sebagian Kecamatan Kapuas Hilir, Bataguh, Kapuas Timur dan Kapuas Tengah dilakukan secara daring," jelasnya.

Tetapi, lanjut dia ada juga sebagian sekolah di wilayah zona merah dan orange yang melaksanakan ujian secara luring atau tatap muka tetapi dengan tetap dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Berdasarkan Surat Keputusan Bersama atau SKB Empat Menteri bahwa Sekolah yang berada pada zona tertentu boleh melaksanakan Ujian Sekolah secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat," jelasnya.

Dia menambahkan bahwa ujian sekolah secara luring atau tatap muka dilaksanakan sekaligus sebagai adaptasi kebiasaan baru dalam pengelolaan pengajaran.

“Tapi kami tetap menurunkan Tim Pengawas Belajar dari Rumah atau BDR untuk melakukan pemantauan. Jika ada gejala Covid-19, maka ujian dilaksanakan secara daring," ucapnya.

Berita Terbaru