Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bolmong Timur Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Kobar Tetap Akan Lakukan Vaksinasi di Bulan Ramadan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 06 April 2021 - 18:05 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Achmad Rois menyampaikan bahwa pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tetap akan dilakukan meskipun dalam keadaan puasa di bulan Ramadan.

"InshaAllah vaksinasi Covid-19 tetap akan kita lakukan meski nanti masyarakat sedang menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadan , sesuai dengan intruksi pemerintah pusat," kata Achmad Rois saat dikonfirmasi Borneonews, Selasa, 6 April 2021.

Dia menuturkan, vaksin boleh dilakukan saat puasa, berdasarkan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 saat Puasa.

Adapun fasilitas kesehatan yang ditunjuk untuk melaksanakan vaksinisasi sebanyak 23 faskes, terdiri atas seluruh puskesmas, rumah sakit dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang ada di Kobar.

Saat ini, Pemkab Kobar sedang menggenjot vaksinasi Covid-19 untuk membangun Herd Immunity masyarakat. Adapun jumlah sasaran vaksinasi di Kobar berjumlah 141.000 orang. Jumlah orang yang sudah terdaftar yakni 40.996 orang. Kemudian yang sudah menjalani vaksin dosis pertama berjumlah 8.046 dan dosis kedua 6.927 orang.

Rois mengatakan, saat ini, vaksin yang ada di Kabupaten Kobar ialah vaksin sinovac. Sedangkan untuk vaksin AstraZeneca belum ada. Hal tersebut mengikuti kebijakan pusat, apabila nanti di Kobar dikirimkan vaksin AstraZeneca, maka itu yang akan diaplikasikan.

"Sementara ini kita di Kobar belum ada Vaksin AstraZeneca, belum dikirim dari pusat. Kita masih berikan vaksin sinovac. Adapun nanti pelaksanaan vaksin waktu puasa belum direncanakan apakah siang atau malan," ungkapnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru