Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wonogiri Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Nadalsyah: Kepala Perangkat Daerah Penerima DAK Fisik Segera Realisasikan

  • Oleh Ramadani
  • 06 April 2021 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Bupati Barito Utara, H Nadalsyah menekankan kepada seluruh kepala perangkat daerah penerima Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik di lingkup Pemkab Barito Utara agar segera direalisasikan.

"Sesuai hasil diskusi singkat kami dengan kepala Kanwil DJPb Provinsi Kalteng tadi, saya tekankan kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah penerima Dana DAK fisik untuk segera merealisasikannya," kata Nadalsyah, Selasa 6 April 2021..

Apabila ada berkas administrasi yang kurang, kata Nadalsyah, diminta untuk segera dilengkapi. "Lakukan lelang, minta reviu Inspektorat dan input pada sistem. Sehingga nantinya apabila ada pemotongan lagi, program/kegiatan tersebut telah terproteksi," jelas Nadalsyah.

Bupati juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Barito Utara tahun 2021 menerima alokasi DAK fisik sebesar 90 miliar rupiah lebih yang disalurkan secara bertahap dengan ketentuan batas penyampaian dokumen persyaratan penyaluran secara bertahap.

Sementara, Kepala Kanwil DJPb Prov Kalteng, Hari Utomo menjelaskan bahwa adanya otonomi daerah maka koordinasi dan sinergi antara Pemerintah Pusat dan Daerah harus terjalin dengan baik.

"Untuk mendorong kelancaran transfer pusat ke daerah, maka koordinasi pusat dan daerah dilakukan," jelas Hari.

Dijelaskan juga bahwa kontrak yang telah terekam di dalam sistem ada proteksi, tidak dapat sepihak memutuskannya kecuali adanya penghematan anggaran.

Hari menambahkan, sebagian besar APBD Kabupaten Barito Utara adalah transfer pusat dan DD. Dia berharap, adanya komitmen bersama untuk membangun akselerasi dalam percepatan penyerapan anggaran.

"Sehingga hasilnya nyata, yakni percepatan penyerapan anggaran bagi OPD yang memperoleh DAK fisik," kata Hari. (RAMADHANI/B-7)

Berita Terbaru