Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepahiang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Transmisi Lokal Penyebab Utama Palangka Raya Zona Merah

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 06 April 2021 - 19:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Peningkatan kasus konfirmasi di Kota Palangka Raya dalam beberapa pekan terakhir, membuat Palangka Raya menjadi satu-satunya wilayah yang di kategorikan sebagai zona risiko tinggi atau zona merah penyebaran Covid-19 di wilayah Kalteng.

Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Palangka Raya Emi Abriyani, mengatakan, penyebab utama peningkatan kasus konfirmasi Covid-19 di Palangka Raya adalah terjadinya kasus transmisi lokal dari perjalanan baik masuk ataupun keluar Kota Palangka Raya.

“Banyak terjadi kasus transmisi lokal dari perjalanan. Jadi saat ini, kami terus melakukan pengawasan, bagi masyarakat yang akan bepergian kami wajiban untuk melalui tes rapid antigen dahulu,” jelasnya, Selasa, 6 April 2021.

Ia menyampaikan dari hasil rapid test tersebut mulai banyak yang terjaring, begitupun perjalanan dari luar masuk ke Palangka Raya yang ikut menyumbang penambahan kasus konfirmasi.

Emi menegaskan, meningkatnya kasus konfirmasi mengakibatkan tempat penampungan di pusat pelayanan kesehatan, seperti rumah sakit, dan rumah sakit perluasan lainnya menjadi penuh.

Untuk itu, dia berharap kesadaran masyarakat semakin meningkat dalam penerapan protokol kesehatan dengan harapan dapat mencegah meluasnya penularan virus tersebut.  

“Mari masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan, baik yang belum ataupun telah divaksinasi Covid-19. Sehingga upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19 bisa semakin cepat,” tuturnya. (HERMAWAN DP/B-7)

Berita Terbaru