Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Pekalongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Camat Dusun Timur Ajak Petani Bermimpi Terapkan Pertanian Modern

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 07 April 2021 - 00:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Camat Dusun Timur, Ristanto Pratomo mengajak petani untuk bermimpi menerapkan sistem pertanian modern pada lahannya seperti negara maju.

Untuk mencapai hal tersebut perlu komitmen dan dukungan dari petani dengan menyediakan lahannya demi mendukung pertanian modern.

"Kita lihat dalam video-video yang beredar pertanian di Jepang, sawah-sawah di sana selalu ada jalan yang bisa dilalui kendaraan roda empat hingga ke tengah sawah, itu memudahkan penggunaan mesin-mesin pertanian dan mengangkut hasil pertanian," ujar Ristanto usai menghadiri penyusunan program penyuluhan pertanian tahun 2022 tingkat Kecamatan Dusun Timur di Balai Desa Jaweten, Selasa, 6 April 2021.

Dia pun berharap pada program cetak sawah, petani pemilik lahan mau merelakan sebagian tanahnya untuk pembangunan jalan.

"Paling tidak jalannya selebar empat meter supaya traktor roda empat maupun mobil bisa masuk ke sana. Jadi setiap lahan sawah dengan pemilik yang berbeda dilalui oleh jalan agar memudahkan penerapan sistem pertanian modern," kata Ristanto.

"Yang penting petani mau menghibahkan dulu tanahnya untuk jalan, sedangkan pengerasan atau penyempurnaan jalan itu menyusul kemudian," lanjutnya.

Diketahui, pada musim tanam Oktober - Maret kali ini Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP Dusun Timur menargetkan pengembangan tanaman padi di Kecamatan Dusun Timur seluas 620 hektare. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru