Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Simalungun Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Pulang Pisau Ikuti Rakor Program Pencegahan Korupsi KPK

  • Oleh Asprianta
  • 05 April 2021 - 23:05 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau – Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Program Pencegahan Korupsi pada Pemerintah Daerah se-Kalimantan Tengah (Kalteng) yang digelar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia (RI), Senin (5/3/2021) di Palangka Raya.

"Semua Bupati/Walikota, Ketua-ketua DPRD, Sekretaris Daerah, dan Kepala Inspektorat di Kalteng mengikuti kegiatan yang digelar oleh KPK itu," ucap Bupati Pulpis saat dihubungi Rekam Media via WhatsApp.

Ia mengatakan kegiatan itu digelar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI sesuai ketentuan pasal 6 Undang-undang Nomor 19 tahun 2019 tentang perubahan kedua UU No 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Dalam UU tersebut menyatakan KPK bertugas melakukan koordinasi dengan instansi yang berweanang melaksanakan pemberantasan tindak pidana korupsi dan instansi yang bertugas melaksanakan pelayanan publik.

"Kegiatan itu juga sebagai tindak lanjut program pemberantasan korupsi terintegrasi pada pemerintah daerah di wilayah Kalimantan Tengah, untuk itu perlu dilakukan rapat koordinasi," kata Edy.

Orang nomor satu di Bumi Handep Hapakat itu menyambut baik kegiatan tersebut sebagai langkah koordinatif dengan pemerintah daerah sehingga program pencegahan tindak pidana korupsi di daerah dapat berjalan dengan baik.

“Dalam kegiatan ini, kita mendapatkan informasi terkait upaya-upaya pencegahan yang dapat dilakukan bersama dalam pelaksanaan pengelolaan anggaran pemerintah daerah, selain itu kita juga dibertahukan tentang fokus area KPK dalam rangka penegakan hukum tindak pidana korupsi,” ungkapnya.

Menurut Edy sapaan akrab Bupati Pulpis, kegiatan itu sangat penting dalam rangka upaya bersama melakukan pencegahan tindak pidana korupsi.

“Jangan ada lagi pejabat daerah yang terkena kasus korupsi, jika bisa dilakukan tindakan pencegahan itu lebih baik,” tutupnya.

Sementara itu di Pemerintah Kabupaten Pulpis, Wakil Bupati Pudjirustaty Narang didampingi beberapa Kepala Dinas diwilayah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulpis mengikuti kegiatan tersebut secara virtual di Ruang Video Confrence Pulpis. (ang)

Berita Terbaru