Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yalimo Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Sukamara Ajak Semua Pihak Dorong Perilaku Minim Sampah

  • Oleh Norhasanah
  • 07 April 2021 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Bupati Sukamara, Windu Subagio mengajak semua pihak untuk mendorong perilaku minim sampah sebagai budaya baru masyarakat Indonesia, khususnya di Bumi Gawi Barinjam.

"Dalam pengelolaan sampah, pemerintah daerah tentunya tidak bisa bekerja sendiri, karena sampah berada dan bersumber dari semua tempat, terutama rumah tangga, industri, pasar-pasar dan dari berbagai aktivitas manusia lainnya," kata Windu Subagio pada peresmian Operasional PDU Sampah, Rabu, 7 April 2021.

Sehingga, selaku penanggung jawab pengelolaan sampah daerah, dirinya mengajak aparat pemerintah, dunia usaha, komunitas, organisasi, pelajar, PKK dan semua pihak serta masyarakat luas untuk bergerak dan bekerja dalam tugas, tanggung jawab, kewenangan di kompetensi masing-masing untuk membangun era baru dalam pengelolaan sampah.

"Yang tentunya memegang prinsip bahwa pengurangan sampah dan penanganan sampah sama pentingnya, juga mendorong perilaku minim sampah sebagai budaya baru masyarakat kita," ujarnya.

Selain itu, Windu juga berharap dalam mengatasi permasalahan sampah di Kabupaten Sukamara dapat dilakukan dengan membangun kebersamaan, gotong royong serta pemrosesan akhir yang berwawasan lingkungan.

Dalam peresmian Pusat Daur Ulang (PDU) Sampah yang berada di Desa Pudu, dirinya berharap sampah-sampah tersebut kedepan dapat memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat yang terlibat, baik pengutip maupun pengolah kompos.

"Karena kompos yang dihasilkan ada nilainya, dan juga nanti bisa diberikan upah dari hasil kutip dan pengomposan ini, jadi sampah tidak semata-mata barang yang dibuang dan terkesan kotor, tetapi ternyata sampah juga bisa memberikan nilai ekonomi," tukas Windu Subagio. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru