Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Boven Digoel Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masak Nasi, Ditinggal Ganti Baju Tabung Gas LPG Terbakar

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 07 April 2021 - 13:25 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Warga dibuat geger dengan teriakan minta tolong seorang penghuni rumah di Jalan Perwira, Gang Anggrek Bulan 2, Kelurahan Mendawai, Kecamatan Arut Selatan, lantaran regulator tabung gas ukuran 3 Kg di rumahnya terbakar, pada Rabu, 7 April 2021, sekitar pukul 11.02 WIB.

Masyarakat di sekitar lokasi langsung memberikan  pertolongan dan segera menghubungi petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Mendapat informasi adanya kebakaran, petugas Damkar langsung meluncur ke lokasi kejadian.

Kabid Damkar Agus Dwi Suhartono menyampaikan, bahwa saat kejadian pemilik rumah Agus Fahrizal sedang bekerja, sementara yang berada di rumah ialah istrinya Sarinah (37), saat itu ia sedang memasak nasi. Sambil menunggu nasi masak, ditinggal ke kamar untuk ganti baju, tidak la kemudian saat ia kembali ke dapur terjadi kebakaran di regulator tabung gas.

"Menurut keterangan Sarinah, bahwa baru ditinggal 5 menit ganti baju dan saat balik ke dapur ia kaget api sudah menyembur dari gas LPG 3kg. Lantaran panik ia teriak minta tolong," jelas Agus.

Lanjutnya, mendengar ada teriakan minta tolong, lalu warga sekitar membantu memadamkan api, sebagian warga panik karena lokasi kejadian padat pemukiman. Saat api disiram dengan air api tidak mau pada. Beruntung ada warga, yang menggunakan kain basah dengan menutup api yg menyembur tersebut, sehingga api pun padam.

"Bersyukur atas bantuan warga bernama Sahid dengan menggunakan kain basah, api bisa dipadamkan. Namun, kedua tangannya sedikit terkena api. Tapi tidak parah. Hanya luka ringan," kata Agus.

Kabid Damkar menjelaskan, menurut keterangan pemilik rumah Sarinah, selang regulatornya nya msih baru dan kurang lebih berusia 1 bulan digunakan. Namun, berdasarkan keterangan petugas di lapangan, penyebab munculnya api diduga karena selang regulatornya tertekuk, sehingga pecah dan bocor, sehingga tersulut api.

"Untuk itu kami mengimbau kepada masyarakat, agar rutin melakukan pengecekan selang maupun regulator gas LPG, meskipun barang baru," imbauannya.

Diinformasikan, bahwa dalam kejadian tersebutMako Damkar segera meluncurkan 2 Unit Mobil Damkar kapasitas 4000 ltr. 1 Motor Trail Damkar, karena lokasi jalan sempit. Masyarakat diajak selalu waspada dan segera melaporkan apapun itu ke mako damkar agar cepat ke lokasi. Untuk mengantisipasi hal atau musibah membesar.

"Sekecil apapun itu apinya, segera laporkan kami dan meskipun api sudah mati, Laporkan. Untuk kami periksa dan memastikan bahwa benar - benar situasi sudah aman," pungkasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru