Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesisir Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dishut Andalkan MPA Padamkan Kebakaran Areal Hutan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 07 April 2021 - 17:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Dinas Kehutanan (Dishut) Kalimantan Tengah (Kalteng) pada tahun ini fokus melakukan sosialisasi dan pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Namun jika sampai terjadi kebakaran hutan, Dishut akan menurunkan tim dari Masyarakat Peduli Api (MPA) dan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) tapak terdekat dengan titik api.

“MPA mengabdikan dirinya mengamankan arealnya. Namun mereka (MPA) tetap kita bina melalui KPH masing-masing,” ungkap Kepala Bidang Perlindungan Dishut Kalteng, Joni Harta.

Joni menegaskan MPA di wilayah desan yang mendaftar dirinya ke KPH selain dibina juga akan dibiayai melalui anggaran dari Dinas Kehutanan Kalteng. 

Ia mengatakan untuk penanganan kebakaran saat ini sudah berubah paradikmanya. Dinas Kehutanan berubah dari pengendalian kebakaran hutan menjadi fungsi managemen tapak. 

“Karena yang tau wilayah itu kan masyarakat,” tambahnya.

Berbeda, lanjut dia, jika dulu setiap ada kebakaran hutan harus melaporkan instansi terkait dan baru dilakukan pemadaman. Seakarang pemadaman dapat langsung dilakukan oleh masyarakat melalui MPA.

“Jadi MPA yang sudah terdaftar langsung bekerja. Karena mereka tahu tapak dimana kebakarannya dengan suport bantuan dari dinas kehutanan,” ucapnya.

Dinas kehutanan selain membantu peralatan juga mengakomodir biaya patroli dan biaya pemadaman bersama sama dengan KPH di wilayahnya masing-masing. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru