Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanah Datar Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Branding Miliki Peranan Penting bagi Pegiat UMKM

  • Oleh Testi Priscilla
  • 07 April 2021 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Koordinator Divisi PSDM Klinik Bisnis, Robbi Guntara menjelaskan branding mengambil peranan penting bagi pegiat UMKM. Hal ini disampaikannya dalam kegiatan Kelas Klinik Bisnis bertajuk "Pentingnya Branding dan Desain Kemasan untuk UMKM".

"Tentu, bila saya atau kita membeli produk jualan, kemasan adalah hal pertama yang kita lihat, ekspresi kemasan memberikan daya tarik bagi kita untuk membelinya atau tidak," kata Alumni FISIP Universitas Palangka Raya.

Hadir pula sebagai narasumber Nia Nurdiansyah, yakni Pegiat UMKM dari Semarang yang menyatakan bahwa ada beberapa kriteria yang dilakukan dalam menentukan branding dalam sebuah produk pembeda dan persepsi yang hendak dikenali.

"Di lain sisi, penting untuk mengenali target pasar dari produk yang dijual dengan mempertimbangkan faktor keamanan, estetika, nilai ekonomi dan ergonomis maupun bahasa komunikasi dan promosi," jelas Nia.

Pada kesempatan yang berbeda, Humas Klinik Bisnis, Meliyanti mengungkapkan dalam menjaring pangsa pasar dan konsumen memang sudah selayaknya para pelaku usaha lebih memahami strategi dalam menentukan kemasan sebuah produk mereka.

"Kemasan sebuah produk yang baik, menimbulkan efek ketertarikan bagi konsumen, kemasan pun menjadi reputasi dari sebuah produk dengan karakter yang dibangun," ungkap Mahasiswa IAIN Palangka Raya ini.

Selaras dengan hal ini, CEO Klinik Bisnis, Monica Putri Rasyid menuturkan kondisi saat ini adalah kesempatan untuk berjuang lebih keras dan bertindak lebih kreatif.

"My Rule, is always reflect, analyze, create strategy and execute, melalui Kelas Klinik Bisnis ayo bersama kita berjuang dan mengambil tindakan," tegas alumni Bond University ini. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru