Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Poso Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perlu Kerja Sama Desa Tingkatkan Pembangunan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 07 April 2021 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Asisten I Sekertariat Daerah (Setda) Kalimantan Tengah (Kalteng), Hamka meminta setiap pihak yang terlibat langsung dalam mendukung pengelolaan dana desa untuk saling bekerja sama mengoptimalkan peningkatan pembangunan desa.

“Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, bagian hukum dan instansi lainnya yang terkait, dapat saling bekerja sama untuk mengoptimalkan pencapaian peningkatan pembangunan desa di Kalteng,” kata Hamka saat kegiatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) di Meeting Room Guest House Grand Zafira, Rabu, 7 April 2021.

Hamka menuturkan, kemajuan pembangunan desa diukur dari meningkatnya Persentase Desa Mandiri, Maju dan Berkembang. Indikator tersebut termuat dalam Indeks Desa Membangun (IDM). 

Hal itu tertuang dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor: 50-3708 Tahun 2020 tentang Hasil Verifikasi dan validasi permuktahiran klarifikasi, kodefikasi, dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah.

Melalui aturan tersebut terdapat 4 program urusan Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dengan indikator capaian program. Mulai dari meningkatnya kualitas penataan desa.

Kemudian meningkatnya kerja sama desa, meningkatnya pembinaan terhadap tata kelola pemerintahan desa dan meningkatnya desa yang Lembaga kemasyarakatannya diberdayakan.

“Program tersebut diformulasikan guna mendukung Peningkatan status desa, dengan cara meningkatkan kapasitas aparatur dan masyarakat desa,” sebut dia.

Targetnya adalah perencanaan dan penganggaran dana desa yang termuat dalam APBDes dapat benar-benar ditujukan untuk peningkatan ketahanan sosial, ekonomi, dan lingkungan desa. (HERMAWAN DP/B-7)

Berita Terbaru