Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mukomuko Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wacana Tol Sungai, Pengerukan Alur Baru Sungai Mentaya Butuhkan Dana Rp 250 Miliar

  • Oleh Ramadani
  • 07 April 2021 - 21:05 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) tengah berencana membuat tol sungai. Progresnya saat ini, pemkab telah melaksanakan pra studi kelayakan pengerukan alur pelayaran alternatif Sungai Mentaya. 

Dalam rangka mewujudkan tol sungai tersebut, dana yang dibutuhkan mencapai Rp 250 miliar untuk pengerukan alur baru di Sungai Mentaya. 

"Dana yang dibutuhkan yakni Rp 250 miliar, mudah-mudahan prosesnya segera terealisasi sehingga bisa segera difungsikan," kata Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor, Rabu, 7 April 2021.

Pembuatan alur pelayaran alternatif tersebut direkomendasikan sepanjang 18 mil (28,9 KM), dengan lebar alur yakni 60 meter. Jaminan kedalaman 4 M Low Water Spring (LWS) atau pengukuran air surut. 

"Jika semuanya selesai dilaksanakan, maka kapal dengan muatan 15.000 ton hingga 20.000 ton dapat melintas di Sungai Mentaya tersebut," kata Halikinnor. 

Selain itu, hilir mudik kapal juga tidak lagi dalam sehari hanya 7 jam. Namun alur Sungai Mentaya tersebut akan dapat dilintasi 1x24 jam.

Terkait dana tersebut, karena alokasi anggaran dari APBN sangat minim, akan dilaksanakan pihak ketiga dari sejumlah investor yang berinvestasi dan menggunakan alur sungai tersebut. 

"Bisa dari para investor atau pihak ketiga nantinya. Kita berdoa saja, agar hal tersebut dapat terwujud dalam waktu dekat," kata Halikinnor. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru