Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Manado Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Katingan Minta Masyarakat Turut Cegah Karhutla

  • Oleh Abdul Gofur
  • 09 April 2021 - 15:50 WIB

BORNEONEWS,  Kasongan - Wakil Bupati Katingan Sunardi Litang meminta kepada warga masyarakat turut melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla. 

"Kita berpesan kepada warga masyarakat agar turut serta dalam melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan, " kata Wakil Bupati Katingan Sunardi Litang,  Jumat 9 April 2021.

Pesan ini, kata Wabup Sunardi Litang juga ia sampaikan saat dirinya memimpin apel keaiapsiagaan kebakaran hutan dan lahan atau Karhitla di Kecamatan Mendawai dan Kecamatan Katingan Kuala kemarin. 

Pasalnya,  tahun ini berdasarkan prakiraan pihak BMKG Kalteng,  kemarau bakal dimulai lebih cepat dibanding tahun sebelumnya,  yalni akhir Mei 2021 mendatang.

Sebelumnya saat memimpin apel kesiapsiagaan menghadapi Karhutla di wilayah hilir,  Wabup Sunardi Litang megatakan tujuan adanya apel kesiapsiagaan Karhutla, ialah memastikan pasukan dan alat-alat satgas Karhutka tersedia dan siap.

Hal ini guna mengantisipasi jika terjadi kebakaran dapat segera ditanggulangi, sehingga Katingan terbebas dari bencana asap.

Sunardi juga mengingatkan bahwa lahan gambut sangat bahaya apabila terbakar.

"Kita manfaatkan lahan gambut supaya dapat menjadi nilai tambah untuk kita semua, cek benar-benar alat agar tidak rusak, supaya saat adanya bencana kebakaran siap dan dapat digunakan dalam menanggulanginya dengan cepat," kata Wakil Bupati Sunardi Lintang.

Saat melakukan pengecekan personel satgas Karhutla di wilayah hilir,  Wakil Bupati meminta penambahan anggota personel kepada satgas-satgas yang kekurangan dan tidak sesuai dengan luas kawasan yang ditangani untuk penanggulangan Karhutla.

Pada kunjungannya Wabup Sunardi juga memberikan bantuan berupa televisi kepada tim pemadam kebakaran Pegatan, Kecamatan Katingan Kuala. (ABDUL GOFUR/B-5) 

Berita Terbaru