Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pj Sekda Katingan Pimpin Apel Kesiapsiagaan Karhutla di Pulau Malan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 09 April 2021 - 17:40 WIB

BORNEONEWS,  Kasongan - Penjabat atau Pj Sekda Kabupaten Katingan, Pransang memimpin apel kesiapsiagaan kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla di halaman Kantor Camat Pulau Malan, Jumat,  9 April 2021.

Dalam kesempatan ini, Pj Sekda Katingan Pransang meminta lapisan masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Pulau Malan agar tidak membuka lahan atau hutan untuk bercocok tanam dengan cara dibakar pada musim kemarau ini. 

Pasalnya,  saat ini wilayah Katingan sudah mulai jarang turun hujan, dan cuaca panas terjadi hampir setiap hari. 

Pransang meminta kepada Satgas Karhutla di wilayah Kecamatan Pulau Malan agar terus siaga melakukan pemantauan sekecil apapun titik api yang ada. 

Pasalnya,  jika tidak segera ditangani api yang membakar lahan atau hutan bakal membesar dan berdampak munculnya kabut asap. 

Untuk itu sebelum semuanya terjadi agar maayarakat juga diharapkan melakukan pencegahan Karhutla ini. 

Apel kesiapsiagaan Karhutla ini juga dilakukan simulasi pemadaman api yang juga disaksikan berbagai pihak termasuk TNI dan Polri. 

Camat Pulau Malan,  Paulis H mengatakan, apel kesiapsiagaan untuk penanganan menghadapi Karhutla di wilayah ini  juga diikiti Sekcam , para Kasi atau Kasubag Kantor Camat Pulau Malan.

Lainnya ada Kasat Pol.PP Kab Katingan Pimanto, Kasatreskrim Polres Katingan Iptu Adhy Heriyanto, Kapolsek TSG dan Pulau Malan,  Danramil TSG dan Kecamatan Pulau Malan dan para kepala desa se Kecamatan Pulau Malan.

"Peserta yang ikut giat apel di lapangan  adalah Satgas Karhutla Kecamatan Pulau Malan, masyarakat peduli api dari desa , karang taruna , pihak dari perusahaan serta Satgas peduli api dari pihak perusahaan,: imbub Paulus H. (ABDUL GOFUR/B-5) 

Berita Terbaru