Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Barat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Adanya SIMBG Diharapkan Proses Penyelenggaraan Bangunan Gedung Menjadi Lebih Efektif

  • Oleh Donny Damara
  • 09 April 2021 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Wali Kota Palangka Raya, Umi Mastikah mengharapkan dengan adanya Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG) proses bangunan gedung menjadi lebih efektif.

"Selain itu juga dengan adanya SIMBG ini koordinasi antar perangkat daerah terkait bisa menjadi lebih jelas," ucapnya, Jumat, 9 April 2021.

Dia menjelaskan, SIMBG merupakan sistem yang dikembangkan oleh Kementerian PUPR RI, dimana sistem ini diciptakan untuk membantu Kabupaten/Kota dalam proses pelaksanaan bangunan gedung.

"Seperti dalam penyelenggaraan IMB yang sekarang berubah nama menjadi PBG dan SLF yang lebih tertib serta transparan," tuturnya.

Diterangkannya juga, bahwa melalui SIMBG ini dalam proses perijinan IMB/PBG dan SLF dapat menciptakan mekanisme yang didalamnya mengandung penyederhanaan yang meliputi percepatan waktu proses penyelesaian, kepastian biaya, serta kejelasan prosedur pelayanan.

"Di mana semua penyederhanaan itu bertujuan untuk menghindari proses perijinan yang rumit, proses perijinan yang tidak tertib dan transparan, serta waktu penyelesaian proses penerbitan yang tidak pasti," pungkasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru