Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mandailing Natal Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pj Sekda Katingan Minta Anggota Satgas Karhutla Dibentuk Hingga Desa

  • Oleh Abdul Gofur
  • 09 April 2021 - 19:35 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Penjabat atau Pj Sekda Kabupaten Katingan, Pransang meminta anggota satuan tugas kebakaran hutan dan lahan atau Satgas Karhutla di wilayahnya bisa dibentuk sampai ke tingkat desa. 

Itu disampaikan Pj Sekda saat memimpin apel kesiapsiagaan kebakaran hutan dan lahan di Kecakatan Pulau Malan, Jumat, 9 April 2021.

"Saya harapkan kepada seluruh anggota Satgas dalam penanganan darurat bencana kebakaran hutan dan lahan yang terbentuk nantinya sampai ke tingkat desa di Kabupaten Katingan," katanya. 

Selain itu, Satgas Karhutla ini juga diharapkan bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait. 

Pransang mengatakan, sejauh ini, dukungan telah diberikan pemerintah pusat secara khusus BNPB, Kementerian LHK dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam melaksanakan penanganan darurat bencana Karhutla.

Pj Sekda Katingan juga menyampaikan beberapa arahan kepada peserta apel yang harus dilakukan dalam pencegahan bencana Karhutla.

Di antaranya membasmi gambut atau membuat sekat, kanal dan sumur bor. Kemudian memulihkan vegetasi atau penanaman dan merepitalisasi penghasilan pengelolaan lahan gambut, yaitu menghasilkan usaha untuk masyarakat.

Dengan adanya usaha dari lahan gambut ini, secara tidak langsung masyarakat juga turut menjaga lahannya dari ancaman Karhutla. 

"Saya juga terus mengajak kita semua, lembaga usaha, masyarakat, akademisi dan media, untuk terus bersinergi melalukan upaya-upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan, dan sedini mungkin melakukan melakukan upaya pemadaman jika ada kejadian kebakaran hutan dan lahan," tutur Pj Sekda Katingan. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru