Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Grobongan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Maksimalkan Pemanfaatan Pelabuhan Pelangsian untuk Dongkrak Pendapatan Daerah

  • Oleh Naco
  • 10 April 2021 - 11:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Handoyo J Wibowo meminta kepada Pemkab Kotawaringin Timur untuk memaksimalkan keberadaan pelabuhan daerah di Desa Pelangsian, Kecamatan MB Ketapang.

"Kita yakin dan percaya jika pelabuhan itu dikelola dengan baik akan mendongkrak pendapatan daerah kita," kata Handoyo, Sabtu, 10 April 2021.

Pemkab Kotawaringin Timur kata dia memiliki sebuah dermaga di Pelangsian Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Dermaga ini akan dijadikan salah satu objek usaha pelabuhan yang akan dikelola pemerintah melalui badan usaha yang sudah dibentuk. 

Namun, saat ini badan usaha itu tengah menemui kendala di sektor permodalan. Pemerintah kabupaten bersama DPRD setempat masih setengah hati memercayakan pengelolaan itu kepada BUMD. 

"Kita mendukung BUMD ini bisa mengelola pelabuhan itu," tegas Politisi Partai Demokrat tersebut.

Menurut Handoyo, selain mampu meningkatkan PAD, dampak positif lainnya akan mengurangi kegiatan pelabuhan yang diduga banyak ilegal beroperasi di daerah ini.

"Ya harapan kita dengan dikelolanya pelabuhan Pelangsian di Kotim tidak ada lagi pelabuhan tikus beroperasi," tandas Handoyo. (NACO/B-5)

Berita Terbaru