Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Manado Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Kalteng Ini Sebut Pembangunan Siring Pantai Menjadi Usulan Masyarakat Desa Keraya

  • Oleh Donny Damara
  • 10 April 2021 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Bagi masyarakat yang berbukim di daerah pinggiran pantai laut pastinya sangat berbahaya jika kawasan tersebut tidak memiliki tanggul atau siring.

Hal inilah yang menjadi usulan ataupun aspirasi dari masyarakat Desa Keraya, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kobar kepada Anggota DPRD Kalteng yang melakukan reses ke daerah itu.

"Dikawasan tersebut ada sekitar 7 rumah warga, kondisinya sangat memprihatinkan, sebab rawan roboh jika terjadi abrasi laut, oleh karenanya masyarakat setempat meminta kepada Pemprov ataupun Pemkab untuk membangun siring pantai," kata Anggota DPRD Kalteng Dapil III, H Jubair Arifin, Sabtu, 10 April 2021.

Politisi PDIP ini mengungkapkan, berdasarkan informasi yang pihaknya dapatkan untuk pembangunan siring di pesisir pantai desa tersebut telah dianggarkan pada tahun 2020 lalu.

Akan tetapi, akibat dampak pandemi Covid-19, anggaran untuk pembangunannya terpaksa dialihkan untuk penanganan pandemi dalam rangka percepatan penanganan wabah atau virus tersebut.

Kemudian, ada juga informasi yang mengatakan bahwa Pemkab Kobar berjanji segera merelokasi 7 keluarga yang bermukim di pinggir pantai itu, paling lambat hingga awal bulan April tahun 2021, tapi wacana tersebut masih belum juga terealisasi.

"7 keluarga itu dijanjikan akan direlokasi oleh Pemkab Kobar, namun sampai saat ini relokasi maupun pembangunan siring belum juga ada tanda-tanda realisasi dari Pemkab Kobar," ujarnya.

Dirinya berharap, apa yang menjadi usulan maupun aspirasi dari masyarakat di Desa Keraya tersebut bisa segara di wujudkan oleh Pemerintah melalui Dinas PUPR Pemprov atupun Pemkab.

"Karena abrasi yang terjadi dikawasan itu sudah hampir memakan rumah maupun badan jalan desa, terutama saat air berada dalam kondisi pasang," imbuhnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru