Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Anambas Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

3 Desa di Barsel Usulkan Ini Kepada Pemerintah Melalui Anggota DPRD Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 10 April 2021 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sebagai upaya menyerap aspirasi maupun usulan dari masyarakat, kalangan Anggota DPRD Kalteng dalam beberapa hari terakhir ini melaksanakan reses perseorangan ke daerah pemilihannya masing-masing. 

Salah satunya, Anggota DPRD Kalteng Dapil IV meliputi Kabupaen Barsel, Bartim, Barut dan Mura, Ina Prayawati melaksanakan reses ke Barsel dengan mengunjungi 3 desa yang ada di daerah itu.

"Ada beberapa desa yang saya kunjungi saat melaksanakan reses perorangan ke Barsel. Di antaranya yakni, Desa Penang, Mabuan dan Hilir Siper, dimana masyarakat mengusulkan peningkatan infrastruktur, sapras pendidikan, kesehatan, serta perekonomian," ucapnya, Sabtu, 10 April 2021.

Ina mengungkapkan, saat menyerap aspirasi di Desa Hilir Siper, masyarakat di Desa itu mengaharapkan agar pemerintah memantau harga gas elpiji 3 kg, yang saat ini melambung tinggi di pelosok.

Pasalnya, gas elpiji 3 kg mengalami inflasi serta kelangkaan, sebab jauh dari Harga Eceran Tertinggi (HET) karena tidak adanya kesepakatan harga.


"Hendaknya pemerintah melalui Disperindag bisa mematok HET di wilayah pelosok, mengingat warga sangat bergantung pada gas elpiji 3 kg ini," tuturnya.

Dijelaskannya, ada juga usulan masyarakat dari Desa Mabuan. Pemerintah diminta menggencarkan pelatihan keterampilan pada kaum perempuan, mengingat banyaknya kaum perempuan yang tidak memiliki pekerjaan di wilayah itu.

"Sebenarnya IRT yang ada di desa itu sudah memiliki keterampilan berupa menganyam rotan, namun kendala yang dihadapi saat ini yaitu minimnya bahan baku untuk pembuatan anyaman," ungkapnya.

Dia berharap, hal itu bisa menjadi perhatian pemerintah melalui dinas atau instansi terkait, dengan mendorong pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) serta membantu ketersediaan bahan baku.

Kemudian, kata dia, usulan bantuan pertanian berupa bibit kelapa sawit dan bantuan perikanan berupa tambak, menjadi aspirasi masyarakat dari Desa Penang. Usulan itu sesuai dengan aktivitas mereka sehari-hari yang rata-rata sebagai petani dan nelayan.

"Usulan itu disampaikan merupakan dalam rangka peningkatan perekonomian masyarakat yang terdampak Covid-19. Aspirasi dan usulan ini tentunya akan saya sampaikan ke pemerintah khususnya dinas atau instansi terkait agar bisa direalisasikan," tukasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru