Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peringati HBP ke-75, Rutan Kelas IIB Buntok Gelar Aksi Donor Darah

  • Oleh Uriutu
  • 10 April 2021 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) yang ke-75 pada 27 April 2021 mendatang, Rutan kelas IIB Buntok menggelar aksi donor darah.

Kegiatan yang dilaksanakan ini berkoordinasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Barsel dengan target pendonornya para petugas rutan.

Pantauan sebelum kegiatan dimulai, para pendonor terlebih dahulu dicek atau diperiksa persyaratan, seperti usia 17-60 tahun, berat badan minimal 45/kg, denyut nandi 50-100 kali, kadar Hb12,5-17 g/dL, tidak sedang haid, hamil/menyusui, tidak menderita infeksi, malaria, hepatitis dan HIV serta tidak sedang deman.

"Kantong darah yang telah didonor ini akan kita bawa langsung. Kemudian para pendonor diberikan minuman serta suplemen untuk memulihkan stamina,” kata Sekretaris PMI Barsel, Yuli Sulistiyo.

Sementara itu, Kepala Rutan kelas IIB Buntok, Mastur mengapresiasi atas pertisipasi petugas rutan mendonorkan darahnya.

Donor darah ini, lanjut dia, sangat berarti ditengah pandemi Covid-19, apalagi saat ini stok ketersedian darah sedikit sedangkan kebutuhan darah meningkat.

“Kita berharap donor darah ini bisa membantu PMI untuk menyuplai kantong darah bagi masyarakat yang memerlukannya,” ucap Mastur.

Ia pun mengucapkan terima kasih atas kerja sama ini sehingga donor darah ini berjalan lancar. Semoga, lanjut dia, kegiatan itu dapat bermanfaat dan semua selalu dalam keadaan sehat. (URIUTU DJAPER/B-7)

Berita Terbaru