Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Boven Digoel Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Kotim Targetkan Produksi Beras pada 2021 Sebanyak 82.136 Ton Gabah Kering

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 11 April 2021 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Pertanian Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), menargetkan produksi beras pada 2021 sebanyak 82.136 ton gabah kering giling sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat. 

"Target ini sebagai upaya agar surplus beras di Kotim lebih meningkat daripada 2020," ujar Plt Kepala Dinas Pertanian Kotim Sepnita, Minggu, 11 April 2021. 

Dia menerangkan pada 2020 produksi beras di daerah ini mencapai 48.548 ton, sedangkan kebutuhan masyarakat sendiri yakni 41.424 ton, sehingga dapat surplus 7.124 ton. 

Target ini bukan tidak mungkin dapat dicapai nantinya. Karena saat ini penyumbang beras terbesar tidak hanya berada di wilayah Selatan Kotim saja, namun hampir seluruh kecamatan di daerah ini berkontribusi terhadap peningkatan produksi beras. 

"Memang masih di wilayah selatan menjadi lumbung padi, terutama di Desa Lampuyang. Namun daerah lainnya juga berkontribusi besar," katanya.

Dia juga mengatakan bahwa sektor pertanian di Kotim cukup memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat, terutama di saat pandemi Covid-19 yang saat ini melanda. 

"Sektor pertanian salah satu sektor yang tidak terdampak Covid-19, sehingga sangat membantu perekonomian masyarakat," terangnya.

Pihaknyapun akan terus berupaya untuk meningkatkan produksi pertanian di Kotim ini dan membangkitkan gairah petani untuk tetap semangat dalam mengembangkan pertanian. Melalui bantuan sejumlah pupuk, bibit, dan juga alat mesin pertanian (alsintan). (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru