Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lamongan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Wali Kota Palangka Raya Pastikan Jajaran Maksimal Antisipasi Karhutla

  • Oleh Hendri
  • 12 April 2021 - 11:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Wali Kota Palangka Raya, Umi Mastikah memastikan seluruh jajaran melakukan antisipasi ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) musim kemarau 2021.

"Beberapa langkah antisipasi kahutla telah mulai kami laksanakan untuk meminimalisasi potensi karhutla tahun ini," kata Umi Mastikah di Palangka Raya, Senin 12 April 2021.

Dia menerangkan, upaya antisipasi itu seperti melakukan patroli rutin ke daerah rawan kebakaran, edukasi larangan dan ancaman sanksi, serta dampak kebakaran hutan.

"Selain tugas rutin yang telah terprogram, antisipasi ancaman karhutla juga dilakukan dinas terkait selaku ujung tombak pemadaman kebakaran," kata dia.

Pemko juga terus menjalin koordinasi dengan berbagai pihak seperti pemadam swakarsa, TNI Polri, dan berbagai instansi untuk mendeteksi dini potensi karhutla.

Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tjilik Riwut Palangka Raya menyatakan sebagian wilayah Kalimantan Tengah hingga April masih berpotensi hujan.

Pada April - Mei juga diperkirakan akan masuk musim peralihan. Barulah pada Juni - Juli diperkirakan Kalteng masuk kemarau yang ditandai perubahan La Nina ke El Nino. (HENDRI/B-11)

Berita Terbaru