Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Membrano Raya Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota Komisi I DPRD Pulang Pisau Minta Disbudpar Lestarikan Situs Budaya

  • Oleh Denny Saputra Octora Jaya
  • 12 April 2021 - 15:31 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Anggota Komisi I DPRD Pulang Pisau, Arianson minta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) melestarikan dan membenahi situs cagar budaya dan salah satunya Rumah Bersejarah Matal Uning di Desa Bereng, Kecamatan Kahayan Hilir.

Legislator Golkar ini menjelaskan situs cagar budaya di Kabupaten Pulng Pisau minim perhatian dari pemerintah daerah. Padahal semestinya, situs cagar budaya merupakan aset dan daya tarik daerah dalam menarik minat para wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

“Kalau berbicara mengenai destinasi wisata, bukan hanya objek alam dan infrastruktur saja yang mesti diutamakan, namun juga situs berupa bangunan, monumen, dan benda tak bergerak pra sejarah lainnya juga patut dipelstarikan, seperti bersinergi dengan warga setempat untuk merawat dan menjaganya,” kata Arianson, Senin 12 April 2021.

Di samping itu mengapa perlu adanya sinergitas dari warga area situs budaya agar seluruh lapisan masyarakat juga ikut bertanggung jawab menjaga kearifan lokjal di wilayahnya yang bisa menjadi peluang mata pencaharian mereka dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Tapi itu semua kembali lagi ke pihak eksekutif, seperti Disbudpar yang memiliki kewenangan membentuk kelompok sadar wisata yang anggotanya terdiri dari masyarakat, sehingga ke depannya kita bersama mewujudkan kepariwisataan yang berbasis kemasyarakatan dan gotong royong,” ucapnya.

Dia berharap sektor pariwisata di Bumi Handep Hapakat menjadi barometer atau patokan terhadap kabupaten pemekaran lainnya dalam hal pengelolaan objek destinasi wisata berupa situs bersejarah.

“Identitas wilayah kita, dapat dilihat dari asalu usul, cerita sejarah serta bukti-bukti rekaman jejak benda serta properti dari masa lalu yang masih terawat dan dijaga kearifan nya, dan juga menjadi harta warisan kepada anak cucu kita, generasi ke generasi, tetap terjaga warisan budayanya,” pungkasnya. (Denny/B-6)

Berita Terbaru