Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gresik Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Percepat Pelayanan, Dukcapil Palangka Raya Gencar Distribusikan KIA

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 12 April 2021 - 16:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palangka, Afendie terus berupaya memberikan pelayanan cepat kepada masyarakat. 

“Salah satu upaya tersebut adalah dengan mendistribusikan ratusan Kartu Identitas Anak (KIA) ke sejumlah sekolah,” ungkapnya.

Dia mengatakan dengan memiliki KIA, anak dapat memperoleh beberapa manfaat, terutama sebagai identitas diri dalam pemenuhan hak anak.

KIA juga dinilai bermanfaat dalam mempermudah pelayanan publik seperti pendidikan, kesehatan, imigrasi dan transportasi hingga perbankan.

Manfaat lain yang dapat diperoleh pemilik KIA adalah mendapatkan diskon khusus yang diberikan pemerintah, terutama saat berbelanja seperti peralatan sekolah, buku, dan lain sebagainya, kepada mitra yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Palangka Raya.

“KIA memiliki banyak manfaat terutama bagi anak. Kami pun melakukan inovasi berupa program Nampa Kartu Identitas Anak Itah. Diharapkan melalui inovasi tersebut, jumlah anak didik yang wajib memiliki KIA di Palangka Raya ini dapat meningkat,” katanya.

Namun dia mengakui dalam pelaksanaannya pencetakan KIA tetap menemui sejumlah kendala. Afendie menjelaskanada beberapa kendala yang membuat KIA tidak bisa dicetak.

Di antaranya anak yang bersangkutan belum memiliki akta kelahiran, kartu keluarga, dan berasal dari luar domisili. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru