Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Solok Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua DPRD Palangka Raya: Penanganan Karhutla Perlu Tindakan Tegas

  • Oleh Hendri
  • 12 April 2021 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto menyatakan bahwa penanganan kebakaran hutan dan lahan memerlukan tindakan hukum yang tegas terhadap setiap pelanggar.

"Sesuai arahan presiden harus ada tindakan hukum serius dan tegas tanpa kompromi sedikit pun. Apalagi sebagian besar penyebab karhutla karena ulah manusia," katanya, Senin 12 April 2021.

Ia mengatakan, tindakan tegas tanpa adanya kompromi terhadap pihak-pihak yang terbukti melanggar hukum akan memberikan efek jera.

Dengan begitu, potensi kebakaran hutan dan lahan terjadi karena adanya unsur kesengajaan manusia dapat diminimalkan. Hasilnya bencana kabut asap yang mengancam setiap musim kemarau dapat ditekan.

Sekretaris DPD Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kalimantan Tengah itu juga meminta pemerintah kota, agar terus berkomunikasi dengan berbagai pihak terkait untuk melakukan pencegahan, pengawasan dan penanganan karhutla.

"Tak hanya dengan pihak TNI dan Polri, tetapi komunikasi ini juga harus sampai pada tokoh masyarakat, tokoh agama hingga pengusaha serta kalangan lain untuk bersama-sama mengantisipasi dan menangani karhutla," pungkasnya. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru