Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumbawa Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Palangka Raya Diajak Manfaatkan Lahan Pekarangan Jadi Apotek Hidup

  • Oleh Hendri
  • 12 April 2021 - 19:05 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Palangka Raya Reja Framika mendorong warga di kota setempat untuk memanfaatkan lahan pekarangannya sebagai tempat bercocok tanaman yang bersifat herbal.

"Istilahnya manfaatkan lahan pekarangan untuk menanam apotek hidup. Tanaman tradisional yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit," katanya, Senin 12 April 2021.

Reja menyebutkan, ada banyak tanaman-tanaman yang dapat dijadikan sebagai apotik hiduk di pekarangan depan rumah. Seperti jahe merah, kencur, temulawak dan kunyit.

Jenis tanaman itu adalah sebagai bahan dasar membuat jamu untuk dikonsumsi sebagai penambah stamina hingga ketahanan imun tubuh. Bahkan sejak dulu, jamu sudah dipercaya sebagai obat herbal yang memiliki segudang manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

"Secara tidak langsung tanaman tradisional menjadi apotik hidup yang memberi banyak keuntungan. Misalnya saja menghemat biaya rumah tangga dari sudut kesehatan," imbuhnya.

Maka dari itu masyarakat bisa mengembangkan apotek hidup tersebut dengan memanfaatkan pekarangan rumah. Setidaknya dengan media tanam polibag.

"Apalagi di tengah kondisi pandemi saat ini, maka imunitas tubuh memerlukan  vitamin," tutup Politisi PSI itu. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru