Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Palu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

LIB Kaji Potensi Kehadiran Penonton di Liga 1 dan 2 Saat Pandemi

  • Oleh ANTARA
  • 13 April 2021 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita mengatakan, LIB mengkaji soal potensi kehadiran penonton pada Liga 1 dan Liga 2 saat pandemi seperti diutarakan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (MenkoPMK) Muhadjir Effendy.

“Kami sedang menghitung-hitung kemungkinan itu. Kami pun terus berkomunikasi dengan Kementerian Kesehatan, yang perwakilannya selalu hadir di setiap laga Piala Menpora, dan mereka juga ikut mengkajinya,” ujar Akhmad Hadian ketika dihubungi Antara dari Jakarta, Senin.

MenkoPMK Muhadjir Effendy, setelah meninjau pelaksanaan Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, pada Sabtu (10/4), meminta kepada PSSI untuk mempelajari dan membuat proposal agar Liga 1 dan 2 musim 2021 dapat dihadiri penonton sejumlah 20-30 persen dari kapasitas maksimal stadion.

Menurut Akhmad Hadian, kebijakan untuk mempersilakan penonton dengan jumlah tertentu hadir di stadion saat pandemi COVID-19 bisa saja dikeluarkan. Namun, hal tersebut memerlukan pertimbangan yang serius terutama dari segi protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Prosedur medis, lanjut Akhmad Hadian, harus lebih ketat daripada saat kompetisi tanpa penonton. Penyesuaian dari segi infrastruktur juga harus diperhatikan seperti tentang digitalisasi pemesanan tiket dan pemutakhiran terobosan basis data.

Soal lain yang menjadi perhatian adalah pengendalian pandemi misalnya dengan vaksinasi COVID-19.

“Jadi kami mesti membuat berbagai skenario dan memprediksi dampaknya, tanpa atau dengan penonton. Tentu akan ada protokol kesehatan khusus jika ada penonton. Namun, sementara, rencana utama untuk liga tetap tanpa penonton karena belum semua masyarakat divaksin,” tutur Akhmad Hadian.

Penyelenggaraan Liga 1 dan 2 Indonesia musim 2021 masih belum dapat dipastikan lantaran belum keluarnya izin keramaian dari Polri. LIB dan PSSI masih akan mengajukan proposal permohonan izin tersebut kepada pihak kepolisian pada pertengahan April 2021.

Terkait itu, Akhmad Hadian memastikan bahwa terbitnya izin liga sangat bergantung pada lancarnya pelaksanaan turnamen pramusim Piala Menpora 2021 yang berlangsung pada 21 Maret-25 April 2021, terutama dari sisi pencegahan dan penanggulangan COVID-19.

ANTARA

Berita Terbaru