Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Dumai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Barito Selatan Imbau Masyarakat Tak Buang Sampah Plastik Sembarangan

  • Oleh Uriutu
  • 14 April 2021 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Wakil Bupati Barito Selatan, Satya Titiek Atyani Djoedir mengimbau masyarakat tidak membuang sampah plastik sembarangan, karena bisa mencemari lingkungan, dan merusak pemandangan.

"Bila sampah plastik dibuang secara sembarangan, maka akan bisa menyumbat selokan, dan bisa merusak ekosistem tanah serta perairan,” katanya, Rabu 14 April 2021.

Sampah plastik itu juga sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. "Karena sampah plastik tersebut mengandung zat beracun yang dapat menggangu pertumbuhan, cacat lahir, dan kesuburan serta bisa memicu terjadinya kanker, dan penyakit lainnya bagi manusia," ucapnya.

Untuk itu wakil bupati mengharapkan kepada seluruh masyarakat di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini supaya mengurangi penggunaan plastik.

Ia juga meminta kepada masyarakat agar memisahkan mana sampah plastik, dan mana sampah organik supaya sampah plastik nantinya dapat di daur ulang kembali.

"Sebab bila sampah plastik itu dibuang sembarangan, selain mengganggu kesehatan bagi manusia, juga dapat merusak pemandangan, dan estetika," jelasnya.

Ia juga mengajak kepada seluruh masyarakat di daerah ini supaya memanfaatkan bank sampah yang sudah dibangun, dan kegiatannya telah berjalan tersebut.

"Kita saat ini sudah memiliki bank sampah dan kita mengharapkan kepada masyarakat agar memanfaatkannya dengan baik, sehingga nantinya tidak ada lagi terlihat sampah plastik berada di selokan, dan sejumlah jalan," ucapnya. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru