Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bulungan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wabup Barito Selatan Minta Instansi Terkait Antisipasi Penyakit Kurang Gizi

  • Oleh Uriutu
  • 14 April 2021 - 15:36 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Wakil Bupati Barito Selatan, Satya Titiek Atyani Djoedir meminta kepada instansi terkait mengantisipasi penyakit kurang gizi pada tahun ini.

“Meski masih pandemi COVID-19 kita meminta instansi terkait juga memantau dan mengantisipasi penyakit kekurangan gizi,” katanya, Rabu 14 April 2021.

Ia berharap untuk itu tahun ini anak-anak kekurangan gizi diwilayah Barito Selatan bisa diminimalisasi.

Menurutnya, penyakit gizi buruk terhada anakfaktor utamanya dikarenakan keterbatasan ekonomi keluarga yang tidak menentu.

“Saya meminta bagi orangtua agar tidak membiarkan jika anaknya mengalami gizi buruk. Segeralah membawa untuk mendapatkan pengobatan intensif,” ucapnya.

Kepala Dinkes Barsel, Daryomo Sukiastono mengatakan selain terus mengampanyekan prokes COVID-19 dan 5M, pihaknya juga menyiapkan program penanggulangan terhadap anak kurang gizi dan gizi buruk.

“Kita selalu mengintensifkan pengawasan termasuk gencar melakukan sosialisasi bagi masyarakat di pedesaan, namun sosialisasi kita menggunakan tenaga kesehatan yang berada dipedesaan,” bebernya.

Selain dengan petugas kesehatan disetiap desa, lanjut dia, pihaknya juga selalu berkoordinasi dengan pihak kecamatan, kelurahan hingga perangkat di tingkat perdesaan.

“Kita berharap agar pihak kecamatan, kelurahan hingga aparat desa dapat melaporkan ke Dinkes jika ada menemukan kasus anak kekurangan gizi, karena laporan yang disampaikan, akan segera kita tanggulangi,” ucapnya. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru