Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Membrano Raya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lapak Pasar Ramadan Diserbu Pengunjung Meski Harus Terapkan Prokes

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 14 April 2021 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Untuk itu, setiap kegiatan masyarakat diharuskan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, termasuk di lapak Pasar Ramadan di Kota Manis, Pangkalan Bun.

Meski dua kali Ramadan pemerintah tidak memfasilitasi pasar Ramadan, bukan berarti tidak ada yang jualan. Buktinya, di beberapa lokasi masih banyak ditemukan lapak pedagang yang menjual aneka sajian berbuka puasa.

Pantauan Borneonews seperti di depan Masjid Sirajul Muhtadin, Jalan Pangeran Antasari dan UMKM lapangan tugu atau halaman Istana Kuning, puluhan pedagang selama Ramadan menyediakan aneka khas kue Ramadan. Lapak pedagang pun diserbu pembeli meskipun harus menerapkan protokol kesehatan.

Tampak pedagang jajanan menu buka puasa di depan Masjid Sirajul Muhtadin, mereka memasang pembatas dengan plastik agar tidak langsung bersentuhan dengan pembeli. Pedagang juga tertib memakai masker, begitu juga sebaliknya dengan para pembeli.

Terpisah, koordinator pelapak atau UMKM di Lapangan Tugu Istana Kuning M Rahmani, menyebutkan bahwa di Lapangan Tugu Istana Kuning ada sekitar 40 pedagang. Mereka diwajibkan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 selama berjualan, sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona.


"Sebelum masuk ke lapangan tugu telah kami sediakan tempat cucu tangan dan imbauan agar memakai masker," kata M Rahmani, Rabu, 14 April 2021.

Untuk di Lapangan Tugu Istana Kuning, mereka merupakan UMKM yang biasa berjualan di situ. Namun, di masa Ramadan ini, sejumlah pedagang ada yang menambah menu jualan mereka dengan kue Ramadan dan menambah jam buka lebih siang dari biasanya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru