Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pupuk Subsidi Jangan Sampai Digunakan oleh Perusahaan Besar Swasta

  • Oleh Naco
  • 15 April 2021 - 14:21 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), SP Lumban Gaol mengingatkan agar pupuk subsidi yang sudah di programkan oleh pemerintah pusat jangan sampai digunakan oleh perusahaan besar swasta.

Karena menurutnya ketersediaan pupuk subsidi dalam mendukung peningkatan pertanian di Kotim sangat penting. 

Pengawasan penyebaran pupuk bersubsidi di Kotim harus dilakukan oleh semua pihak, termasuk penyuluh pertanian.

"Jika penyaluran pupuk bersubsidi berjalan sesuai dengan prosedur, masalah kelangkaan pupuk di kalangan petani tidak akan terjadi," katanya, Kamis 15 April 2021.

Menurutnya distribusi pupuk subsidi harus diawasi dengan benar agar bisa mendukung ketahanan pangan yang dicanangkan. Jangan sampai pupuk subsidi malah digunakan oleh perusahaan berskala besar.

Gaol menjelaskan perlu dilakukan survei ke lapangan terkait sebaran distribusi pupuk di kalangan petani agar anggaran yang terserap tidak terbuang percuma.

Stok pupuk harus dipastikan di gudang tersedia. Jangan sampai, pada masa panen, kelangkaan pupuk terjadi.

Lanjutnya, penyaluran pupuk bersubsidi kepada para petani yang disalurkan distributor harus mendapat pengawasan, agar penyalurannya tepat sasaran. 

Karena kebutuhan pupuk di Kabupaten Kotim sangat tinggi, namun kadang ketersediaannya sangat terbatas. Ini salah satu menjadi kendala yang dihadapi para petani. (NACO/B-6)

Berita Terbaru