Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanah Bumbu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua Komisi A DPRD Palangka Raya Apresiasi Penerapan I-Tax

  • Oleh Hendri
  • 17 April 2021 - 11:21 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi A DPRD Palangka Raya, Subandi, menyambut baik kebijakan pemerintah daerah untuk mengoptimalkan penerimaan dan pelaporan pajak daerah melalui Intelligence Tax (I-Tax).

Penggunaan alat perekam transaksi usaha itu menjadi salah satu inovasi peningkatan PAD dan mencegah kebocoran pajak di tengah pandemi COVID-19.

"Kami sangat mendukung karena dengan adanya I-tax pemerintah bisa mengawasi transaksi usaha agar penarikan pajak sesuai asas keadilan," katanya, Sabtu 17 April 2021.

Menurut dia itu juga menjadi salah satu upaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat serta meminimalkan pertemuan langsung antara pihak terkait.

"Pemanfaatan teknologi ini juga menjadi salah satu upaya dalam mencegah potensi tindakan korupsi yang terjadi dari tatap muka," ujarnya.

Pada tahap awal I-Tax berupa alat perekam transaksi usaha di Kota Palangka Raya yang merupakan karya warga setempat telah terpasang 37 alat yang fokus pada pengusaha kuliner.

"Ke depan sesuai anggaran kita mendorong pemerintah menambah dan memperluas jangkauan pemasangan alat perekam transaksi elektronik itu," pungkasnya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru