Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Blitar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Produksi Pangan di Kotim Belum Cukupi Kebutuhan Masyarakat

  • Oleh Naco
  • 18 April 2021 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sekretaris Fraksi Partai Gerindra DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Juliansyah menilai produksi pangan di daerah ini belum mampu mencukupi kebutuhan masyarakat.

Untuk itu, harus ada upaya peningkatan dengan menciptakan sentra produksi pangan baru agar mencukupi kebutuhan masyarakat.

"Memang kita akui produktivitas sektor pangan di Kotim sudah lumayan dan cukup besar, namun keperluan masyarakat masih lebih besar dari yang dihasilkan. Sehingga kita masih kekurangan seperti saat ini," katanya, Minggu, 18 April 2021.

Menurutnya, sudah benar jika pemerintah kabupaten mencanangkan ketahanan pangan melalui peraturan daerah (perda). Agar ada yang mengatur mekanismenya sehingga kebutuhan masyarakat tercukupi.

"Kalau ada perdanya, maka ketahanan pangan kita bisa terfokuskan dan bisa dikendalikan. Sehingga berbagai kebutuhan masyarakat sedikit demi sedikit tidak perlu lagi dari luar daerah, tinggal menggunakan produk lokal saja," tukasnya.

Dengan demikian kata dia, selain kebutuhan masyarakat akan terpenuhi maka perekonomian masyarakat setempat juga akan membaik. 

Karena kebutuhan pangan daerah akan banyak dibeli oleh masyarakat, serta harga akan lebih terjangkau dibandingkan dengan jika mendatangkan dari luar daerah.(NACO/B-11)

Berita Terbaru