Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Blitar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Alonso Raih Poin Pertamanya Setelah Raikkonen Kena Penalti di Imola

  • Oleh ANTARA
  • 19 April 2021 - 09:45 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Fernando Alonso mengamankan poin pertamanya sekembalinya ke Formula 1 setelah pebalap tim Alfa Romeo Kimi Raikkonen mendapat penalti tambahan 30 detik yang membuatnya terlempar dari P9 di Grand Prix Emilia Romagna, Imola, Italia, Minggu.

Tabrakan antara Valtteri Bottas dan George Russell di lap ke-34 menyebabkan bendera merah dikibarkan, yang memaksa balapan start ulang.

Namun, Raikkonen kehilangan kendali mobilnya di Tikungan 3 ketika lap pemanasan di belakang Safety Car sebelum restart, hingga turun ke P10.

Raikkonen kemudian bergabung kembali ke rombongan dan menempati P8, tetapi steward balapan mengatakan menurut regulasi sang pebalap harus melewati jalur pit, jika ia tidak bisa kembali ke posisi semula di rombongan sebelum garis Safety Car pertama.

Steward mendapati Raikkonen terjebak di belakang mobil-mobil rival antara Tikungan 13-14, tetapi Safety Car telah memadamkan lampunya. Oleh karena itu sang pebalap Alfa Romeo kehabisan waktu untuk kembali ke posisinya semula setelah restart.


Tidak mematuhi regulasi itu, pebalap Finlandia itu diganjar penalti 30 detik setelah lomba, yang membuat posisi finisnya melorot ke P13, demikian laman resmi F1.

"Ini terlihat seperti instruksi yang kontradiktif dan tim telah menginstruksi sang pebalap untuk tidak merestorasi posisinya, khawatir hal itu akan menyebabkan masalah keamanan di kondisi basah. Mereka mengontak Race Director, tapi tidak ada waktu untuk merespon antara panggilan mereka dan restart," demikian steward.

Apabila hukuman diterapkan ketika balapan berlangsung, Raikkonen bakal menerima penalti stop-go selama 10 detik di pitstop.

Karena diterapkan pascalomba, Raikkonen mendapat 30 detik sehingga diturunkan dari P9.

Oleh karena itu Esteban Ocon naik ke P9 dan rekan satu timnya di Alpine, Alonso, ke P10, yang menjadi poin ganda bagi tim milik Renault itu di Imola.

ANTARA

Berita Terbaru