Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Gunung Sitoli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Perikanan Kapuas Harapkan Kegiatan Penelitian Percontohan Speectra Terealisasi

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 19 April 2021 - 12:05 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Rapat koordinasi terkait kegiatan tahap awal rencana penelitian percontohan projek Special Area for Conservation and Fish Refugia (Speectra), telah dilaksanakan di Kabupaten Kapuas.

Rapat itu antara Dinas Perikanan Kapuas bersama perwakilan I-Fish-Food and Agriculture (FAO) Indonesia, Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Peyuluhan Perikanan (BRPPUPP) Jakarta, Pusat Riset Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (PUSRISKAN) serta Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) Kalteng pun sudah dilakukan.

Terkait itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Darmawan melalui Kepala Bagian Pemberdayaan Pembudidaya Ikan, Fatmawati menyampaikan harapannya agar kegiatan penelitian percontohan Speectra ini benar-benar bisa terealisasikan di Kabupaten Kapuas.

"Karena bisa menjadi tempat perkembangbiakan ikan secara alami terutama ikan-ikan lokal, ke depannya masyarakat Kapuas bisa mendapatkan manfaat yang besar dari kegiatan Speectra ini," kata Fatmawati, Senin 19 April 2021.

Menurut dia dengan adanya kegiatan penelitian percontohan speectra ini nantinya ikan-ikan dewasa dipelihara dan dilindungi di habitat aslinya dan bisa berkembang biak secara alami dan hasil dari perkembangbiakan tersebut

"Dibiarkan atau dilepas ke alam terbuka, sehingga keberlangsungan ikan-ikan bisa terjaga dan masyarakat bisa mendapatkan hasil tangkapan yang lebih banyak, dengan semakin banyaknya keberadaan ikan-ikan tersebut di perairan umum,” ucapnya.

Adapun, Speectra adalah kawasan perlindungan buatan manusia yang dirancang khusus untuk ikan di mana mereka dapat tumbuh dan berkembang biak dalam lingkungan yang dilindungi. Speectra dirancang agar ikan kecil / remaja dapat bergerak menuju habitat aslinya, sedangkan ikan dewasa dipelihara di dalam, ikan yang dewasa dapat dipanen secara berkelanjutan oleh masyarakat setempat.

Dalam rapat itu turut juga hadir dari Bappeda Kabupaten Kapuas, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kapuas serta SOPD terkait. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru