Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Paser Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wabup Kotim Serap Aspirasi Petani Buah Naga di Desa Kandan, Harapkan Produksi Terus Meningkat

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 20 April 2021 - 22:05 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Irawati menginginkan produksi buah naga di Desa Kandan, Kecamatan Kota Besi terus meningkat. Sehingga desa ini mampu menjadi sentra penghasil buah naga.

"Setelah melihat langsung kebun warga di Desa Kandan, saya yakin ke depannya ini mampu menjadi sentra penghasil buah naga," kata Irawati usai meninjau langsung kebun buah naga di Desa Kandan, Selasa, 20 April 2021.

Dalam kunjungan itu, Irawati juga mendengar langsung aspirasi petani setempat. Selain itu, dia menegaskan siap turut membantu pemasaran buah naga.

"Kalau bisa, buah naga produksi di Desa Kandan ini kita pasarkan sampai ke luar daerah. Saya mendorong petani untuk terus meningkatkan produksi. Apabila ada kendala, silakan berkoordinasi dengan penyuluh pertanian atau ke instansi terkait langsung," kata Irawati.

Dia juga mengatakan, rasa buah naga yang dihasilkan petani di Desa Kandan nikmat dan segar. Bahkan, di musim panen, stoknya terkadang melimpah.

"Rumah makan dan pedagang buah di Sampit ternyata mengambil buah naga di sini. Berarti pangsa pasarnya jelas. Tinggal kita cari cara pemasaran ke luar daerah lebih maksimal. Otomatis kalau ini berjalan, penghasilan petani buah naga lebih meningkat dan akan bermuara ke kesejahteraan masyarakat," katanya.

Sementara itu, petani menyampaikan persoalan yang mereka hadapi kadang adalah gangguan hama di saat tertentu dan kondisi cuaca. Hal tersebut berpengaruh terhadap produksi. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru