Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bintan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakapolda Kalteng Sampaikan Materi Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Pada Peringatan Hari Kartini

  • Oleh Parlin Tambunan
  • 22 April 2021 - 08:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Ida Oetari Poernamasasi menyampaikan materi pendidikan pemberdayaan perempuan pada webiner bersama JCLEC, Rabu, 21 April 2021.

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Kartini. Kegiatan diikuti Direktur Eksekutif JCLEC, Brigjen Pol Aby Nursetyanto dan sejumlah pejabat lainnya. 

Pada kesempatan itu, Wakapolda menjelaskan materi tersebut. Secara sederhana, ia mengatakan bahwa pendidikan adalah proses menerima atau memberikan instruksi yang sistematis.

Kemudian, pemberdayaan. Hal ini penting untuk meningkatkan kekuatan mulai dari spiritual, politik, sosial, atau ekonomi individu hingga komunitas.

Terakhir, pemberdayaan perempuan. Yakni kemampuan perempuan untuk melakukan kontrol penuh kelebihan satu aksi.

Selanjutnya, Wakapolda juga menyampaikan bahwa Kartini adalah pahlawan karena tanpa perjuangan Kartini, perempuan pribumi lokal yang pada waktu berstatus sosial rendah tidak akan memiliki banyak hak.

"Saya tidak akan memiliki pengetahuan seperti sekarang jika tidak berkat perjuangan Kartini yang memungkinkan semua perempuan Indonesia bisa bersekolah dan memiliki ilmu," katanya.

Wakapolda menambahkan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah membuat transformasi di kepolisian agar Polwan mendapatkan hak yang sama, serta menempatkan dalam struktur kepemimpinan. (PARLIN TAMBUNAN/B-7)

Berita Terbaru