Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rumah Walet dan Gudang di Ampah Kota Ludes Terbakar

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 22 April 2021 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sebuah rumah walet berbahan asbes dan kayu serta gudang di RT 30 Kelurahan Ampah Kota, Kecamatan Dusun Tengah, Kabupaten Barito Timur ludes terbakar sekitar pukul 05.30 WIB, Kamis, 22 April 2021.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran atau BPBD Damkar Barito Timur menjelaskan, meski terletak tidak jauh dari pusat Kota Ampah, rumah walet tersebut sulit diakses oleh mobil pemadam kebakaran karena berada di tengah sawah.

Dia menjelaskan, petugas pemadam dari BPBD Damkar Pos Ampah, BPK Sabilal Mujahidin atau Samuja Ampah dan BPK Rela hanya bisa memadamkan api dengan alat pemadam portabel.

Ketua BPK Samuja Ampah, H Imamul Ahyar menjelaskan, selain rumah walet dan gudang, turut hangus terbakar 2 unit mesin perontok padi dan gabah sebanyak 30 karung yang berada di gudang tersebut.

Dia menambahkan, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu karena pemilik rumah walet tinggal di rumah yang berbeda di Kelurahan Ampah Kota.


Pemilik rumah walet belum bisa dimintai keterangan terkait nilai kerugian yang diderita akibat kejadian tersebut.

"Penyebab kebakaran juga belum diketahui persis, tapi dugaan sementara akibat korsleting listrik," jelas Ahyar. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru