Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wonosobo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Wali Kota Palangka Raya Ajak Warga Rayakan Lebaran Secara Virtual

  • Oleh Hendri
  • 23 April 2021 - 15:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Wali Kota Palangka Raya,j Umi Mastikah mengajak warga agar mengganti mudik lebaran dengan bersilaturahmi menggunakan aplikasi secara virtual.

"Idul Fitri tentu kental dengan budaya silaturahmi yang secara turun-temurun dilaksanakan tiap tahun. Akan tetapi pada masa pandemi yang belum berakhir sampai saat ini kita harus bisa menyesuaikan diri tanpa menguragi makna yang sesungguhnya," katanya, Jumat 23 April 2021.

Ia mengatakan jika masyarakat dapat menahan diri tidak pulang ke kampung halaman, maka keputusan itu tidak hanya akan menyelamatkan diri sendiri, tetapi juga keluarga dan masyarakat di kampung halaman.

Menurutnya kegiatan silaturahmi dengan cara daring tidak mengurangi esensi dari silaturahmi pada Idul Fitri yaitu saling meminta maaf dan mempererat ikatan persaudaraan satu sama lain.

"Pertemuan atau silaturahmi secara virtual tidak mengurangi esensi bertemu keluarga saat lebaran atau Idul Fitri. Tahun lalu juga kita lakukan dengan cara yang sama," ujarnya.

Larangan mudik diatur dalam Surat Edaran Satgas Penanganan COVID-19 No. 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah selama 6-17 Mei 2021.

Larangan tersebut diberlakukan untuk moda transportasi darat, laut dan udara.
Pemerintah juga telah menetapkan aturan terkait larangan pengoperasian seluruh moda transportasi darat, laut, udara, dan kereta api pada tanggal yang sama.

Ada dua alasan pemerintah melarang mudik. Pertama, ada tren kenaikan kasus COVID-19 setelah empat kali libur panjang pada 2020.

Kedua, pemerintah saat ini berupaya menjaga tren turunnya kasus positif COVID-19 di Indonesia, khususnya pada Februari sampai April 2021. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru