Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhanbatu Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hutan Terbakar di Perbatasan Tasik Payawan dengan Kamipang

  • Oleh Abdul Gofur
  • 23 April 2021 - 16:21 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla mulai terjadi di wilayah Kabupaten Katingan, Jumat 23 April 2021 siang ini. 

Dari imformasi yang diperoleh borneonews.co.id, titik api yang membakar hutan belantara itu berada di perbatasan antara Desa Talingke Kecamatan Tasik Payawan dengan Desa Asem Kumbang Kecamatan Kamipang. 

Kepulan asap membumbung tinggi akibat hutan terbakar ini, namun hingga berita ini dipublis luas hutan yang terbakar itu belum diketahui secara pasti. 

Camat Kamipang, Ade Irwan membenarkan bencana kebakaran yang sebagian masuk wilayahnya siang ini. 

Dia mengatakan jika lokasi kebakaran itu berada sekitaran perbatasan Kecamatan Tasik Payawan dan Kecamatan Kamipang. 

"Untuk penyebab kebakaran sejauh ini masih dalam proses penyelidikan lebih lanjut, " katanya. Namun pihaknya bersama TNI, Polri serta Satgas desa atau masyarakat peduli api atau MPA telah melakukan upaya pemadaman kebakaran hutan itu. 

"Satgas kecamatan bersama TNI/ Polri serta Satgas desa /MPA Desa Asem Kumbang dan Damkar PT Aus saat ini telah berupaya melakukan pemadaman di TKP, " katanya. 

Hingga berita ini ditulis, informasinya kebakaran di wilayah ini masih terus berlangsung. Sementara itu kobaran api membakar lahan di tepi Jalan Trans Kalimantan wilayah Desa Hampalit Km 27 arah Sampit siang ini juga. 

Tidak hanya membakar semak belukar, api juga diinformasikan membakar kebun karet milik warga masyarakat. 

Pantauan borneonews.co.id, sudah lebih sepekan terakhir di Kasongan dan sekitarnya tidak ada lagi turun hujan. Di siang hari cuaca terasa kian menyengat. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru