Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Melawi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalteng Imbau Perbankan Tingkatkan Kredit Sektor Produktif

  • Oleh Donny Damara
  • 23 April 2021 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengimbau kepada perbankan yang tergabung dalam Himpunan Bank Negara (HIMBARA) dan PT. BPD Kalteng agar bisa memprioritaskan serta meningkatkan kredit pada sektor produktif.

Sektor produktif yang dimaksud adalah konstruksi, perdagangan atau retail khususnya UMKM, sektor Pertanian, Peternakan, Kehutanan dan lain-lain.

Hal tersebut disampaikannya, pada saat melakukan dialog sekaligus silahturahmi dengan Pimpinan Instansi vertikal dan Perbankan di Istana Isen Mulang, Kamis, 23 April 2021.

"Selain itu juga perbankan, supaya mendukung serta menggali sektor ekonomi yang ada di Kalteng ini. Contohnya potensi terhadap pengembangan maupun pembangunan food estate, perternakan sapi dan budidaya udang vanamei, serta sektor lainnya yang potensial untuk dikembangkan," ucapnya.

Dikatakannya, dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan, hendaknya seluruh perbankan dapat meningkatkan pelayanan berbasis kebutuhan debitur khususnya bagi para pelaku UMKM.

Seperti dengan memberikan kelonggaran persyaratan kredit atau pembiayaan maupun pendanaan serta memberikan keringanan pembayaran bagi pelaku UMKM.

"Yang tidak kalah pentingnya juga yakni tingkatkan pelayanan berbasis teknologi seperti SMS banking, e-banking dan mobile banking untuk mendukung penerapan e-commerce atau transaksi jual beli secara elektronik," tuturnya.

Perlunya upaya itu dilakukan, dengan harapan untuk membangkitkan perkonomian Kalteng, meningkatnya daya beli masyarakat serta aktivitas usaha masih tetap dapat berjalan bahkan berkembang.

Tidak lupa juga ia mengajak para Pimpinan Instansi Vertikal, khususnya Perwakilan BI dan OJK, serta seluruh Sektor Jasa Keuangan Perbankan di Kalteng agat memperkuat sinergi untuk memulihkan perekonomin.

"Mari kita bersama-sama memperkuat sinergi, untuk terus mendorong pemulihan perekonomian di Bumi Tambun Bungai ini," pungkasnya. (DONNY D)

Berita Terbaru