Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bolmong Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Usaha Itik Petelur di Kawasan Food Estate Dadahup Kapuas Terus Berkembang

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 27 April 2021 - 15:25 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Usaha ternak itik petelur yang termasuk dalam kawasan dan program food estate di Desa Bentuk Jaya (A5), Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Kalteng terus berkembang.

"Kalau dari programnya ada dua, yakni penanaman padi dan ternak itik petelur.
Kalau program itik ini sudah bisa dikatakan berhasil kita menjalankannya," kata salah satu peternak itik di Desa Bentuk Jaya (A5), Muliadi pada Selasa, 27 April 2021.

Muliadi menuturkan, berkembangnya usaha itu juga tidak lepas dari dukungan dan pendampingan pemerintah, selain dari penanaman padi yang hingga saat ini masih terus berjalan. 

Saat ini, lanjut dia, ada 5 kandang yang dikelola. Untuk 1 kandangnya itu terdapat itik betina 500 ekor, di antaranya merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian melalui BPTU-HPT.

"Dari ternak itik ini sudah punya sisa penghasilan dari modal pakan, sehari itu bisa sampai Rp160 ribu per satu kandangnya. Produksinya sudah mencapai 75-77 persen," tuturnya.

Adapun untuk pemasaran hasil produksi itik petelur tersebut dipasarkan di wilayah Kapuas, dan juga bisa sampai ke luar daerah.

Karenanya, kata Ketua Kelompok Tani Berkat Mufakat ini berharapa berbagai program food estate dapat terus dikembangkan, dan dilanjutkan terkait hal-hal kekurangan maupun yang belum nantinya bisa teratasi.

"Kendala itik ini sekarang ada di pakan harganya lumayan tinggi. Kalau nanti sudah ada pakan alternatif mungkin bisa menekan biaya produksi sekarangkan kita pakan pabrikan," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru