Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bukittinggi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kotabaru Kaji Banding Ekonomi Kreatif ke Disbudpar Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 27 April 2021 - 17:25 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalteng mendapat kunjungan kerja dari anggota DPRD Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Kunjungan kerja itu dalam rangka kaji banding tentang pengembangan ekonomi kreatif.

Rombongan yang terdiri dari 23 anggota legislatif tersebut diterima secara langsung Kepala Disbudpar Kalteng, Guntur Talajan beserta jajaran, Selasa, 27 April 2021.

Ketua rombongan DPRD Kotabaru, Mustakim mengatakan, perkembangan ekonomi kreatif di Kalteng menjadi alasan kaji banding.

"Kami dari Pansus II DPRD Kabupaten Kotabaru diamanahi untuk menyelesaikan Raperda tentang Ekonomi Kreatif. Karena itu, kami mencari referensi untuk memperdalam materi raperda. Salah satunya yakni ke Disbudpar Kalteng ini," tuturnya.

Dari hasil kunker ke Disbudpar Kalteng tersebut, pihaknya banyak mendapat masukan serta informasi terkait upaya pengembangan ekonomi kreatif.

"Kita berharap ini dapat menjadi bahan masukan yang positif dan konstruktif bagi percepatan penyelesaian produk perda tentang pengembangan ekonomi kreatif di Kabupaten Kotabaru," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Disbudpar Kalteng, Guntur Talajan menerangkan Pemprov Kalteng sudah memiliki Perda Nomor 1 Tahun 2013 tentang pengembangan ekonomi kreatif di Kalteng.

"Perda ini menjadi acuan pemerintah kabupaten/kota dalam mengimplementasikan perda serupa, dalam hal pengembangan ekonomi kreatif," tuturnya.

Di sisi lain, kata dia, kunker para anggota legislatif dari Kabupaten Kotabaru tersebut, secara tidak langsung menjadi bagian dari tujuan kunjungan kerja wisata.

"Beberapa hari ini disbudpar sudah menerima beberapa kali kegiatan kunker dari instansi terkait daerah luar, secara tidak langsung ini bermanfaat dalam meningkatkan kunjungan wisata," imbuhnya. (DONNY D/B-11)

Berita Terbaru