Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Perkiraan Awal Musim Kemarau di Barito Timur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 28 April 2021 - 07:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran atau BPBD Damkar Kabupaten Barito Timur, Riza Rahmadi menyampaikan, musim kemarau tahun 2021 di Barito Timur diperkirakan dimulai pada Juni.

"Sesuai dengan data dari BMKG Tjilik Riwut Palangka Raya, musim kemarau di Barito Timur akan dimulai pada dasarian ke dua atau 10 hari ke dua pada bulan Juni 2021," kata Riza di Tamiang Layang, Selasa, 27 April 2021

Sedangkan puncak kemarau di Kecamatan Benua Lima, Dusun Timur bagian barat,
Paju Epat, Dusun Tengah, Karusen Janang, Paku, Pematang Karau, Raren Batuah terjadi pada bulan Agustus, sedangkan Kecamatan Awang, Dusun Timur bagian timur dan Kecamatan Patangkep Tutui puncak kemarau terjadi pada bulan September.

Karena itu, dalam waktu satu bulan ke depan BPBD Damkar akan mempersiapkan penetapan siaga darurat kebakaran hutan dan lahan atau karhutla.

"Kami juga sudah mempersiapkan RAB (rencana anggaran biaya) siaga darurat karhutla dengan mempedomani prakiraan cuaca dari BMKG,"  imbuhnya.

Menurut Riza, persiapan tersebut juga telah disetujui oleh BPBD Provinsi Kalteng dengan membantu tenda keluarga yang nanti akan digunakan menjadi posko. Selain itu BPBD Provinsi juga memberikan bantuan 10 buah tempat tidur lipat atau v-bed.

Riza juga menyampaikan imbauan agar masyarakat menghindari pembukaan lahan dengan cara membakar demi menghindari bencana karhutla dan kabut asap.

"Saat ini sudah mulai memasuki musim tanam April September kita tetap mendukung kegiatan tanam yang dilakukan oleh petani namun saya mengimbau untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar," pesan Riza. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru