Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kuatan Singingi Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pulang Pisau Terima Sertifikat Bebas Malaria

  • Oleh Asprianta
  • 28 April 2021 - 07:10 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau – Pulang Pisau menerima sertifikat Bebas Malaria. Serah terima sertifikat itu dilakukan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) kepada Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo, Selasa (27/04/2021).

Bupati didampingi Kepala Dinas Kesehatan Pulpis dr Muliyanto Budihardjo menyatakan Pulang Pisau (Pulpis) menerima sertifikat bebas Malaria.

"Sertifikat itu berdasarkan hasil rapat tim Kemenkes, karena Pulpis dinyatakan telah memenuhi syarat untuk mendapatkan sertifikat eliminasi malaria," ucap Edy saat dihubungi via WhatsApp.

Sementara itu Kepala Dikes Pulpis, dr Muliyanto Budihardjo mengatakan, Pulpis dinyatakan sebagai kabupaten memenuhi syarat bebas malaria.

"Dalam rapat tim Kemenkes kemaren Pulpis dinyatakan bebas malaria. Hal itu karena Pulpis telah memenuhi syarat untuk mendapatkan sertifikat eliminasi malaria," ucap dr Mul sapaan akrab Kadinkes Pulpis itu.

Ia menjelaskan Tim Kemenkes menyatakan 3 syarat telah dipenuhi Kabupaten Pulpis, yakni jumlah kasus di bawah 1 untuk 1000 penduduk, sementara posisi Kabupaten Pulpis 0,07 atau ditemukan sekitar 7 sampai dengan 20 kasus dalam beberapa tahun terakhir.

”Untuk penilaian ini minimal 3 tahun berturut-turut mulai dari 2017, 2018 dan 2019 kasus malaria harus dibawah 1 untuk 1000 penduduk,” kata Mul yang juga menjabat Plt Direktur RSUD Pulpis.

Adapun syarat kedua jumlah dinyatakan positif atau jumlah yang diperiksa harus kurang dari 5 persen, sedangkan di Pulpis hanya sekitar 3 persen.

Syarat ketiga tidak ada penularan lokal atau penularan malaria didaerah tersebut.

“Sekarang ini Pulpis semua masus malaria adalah kasus import, atau rata-rata mereka yang kena adalah masyarakat yang bekerja perkebunan atau penambang didaerah berisiko malaria,” ungkapnya. (ang)

Berita Terbaru