Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkalis Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sejumlah Sekolah di Kapuas Bakal Menjadi Pelaksana Program Guru Penggerak

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 28 April 2021 - 15:55 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sebanyak 14 sekolah negeri dan swasta yang tersebar di wilayah Kabupaten Kapuas bakal menyusul jenjang SMA, diusulkan kepada Kemendikbud untuk mendapat penetapan sebagai Kepala Sekolah Pelaksana Program Sekolah Penggerak (PSP) tahun 2021 angkatan pertama.

Sekolah tersebut yakni 2 PAUD, 8 SD dan 4 SMP. Sebelumnya, sekolah ini mengikuti proses seleksi tahap satu dan dua hingga akhirnya diusulkan. 

Penetapan usulan ini merupakan rangkaian dari Rapat Pleno yang dipimpin langsung oleh Plt Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kalteng, Tomy Haridjaya didampingi Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kapuas, Suwarno Muriyat bersama para Kabid, Widyaiswara LPMP, beserta Pokja PSP.

“Alhamdulillah, selangkah lagi empat belas Kepala Sekolah yang kini masih menjadi calon akan berubah sebagai Pelaksana PSP Angkatan Pertama," kata Kepala Disdik Kapuas, Suwarno Muriyat, Rabu, 28 April 2021.

Dia optimis atas usulan tersebut, kendati tetap untuk kewenangan penetapan nantinya ada pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"PSP sendiri adalah program kolaborasi dari Kemendikbud, pemerintah provinsi dan kabupaten, kota secara bersama-sama meningkatkan kualitas belajar siswa," ucapnya.

Dalam pelaksanaannya, ada 5 jenis intervensi yang harus dilalui. Yakni pendampingan konsultatif dan asimetris, penguatan SDM sekolah, pembelajaran kompetensi holistik, perencanaan berbasis data serta digitalisasi sekolah. Hal ini juga sejalan dengan Program Pendidikan Hebat Kapuas Cerdas. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru