Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Terkait Mudik Lokal, Pemkab Seruyan Tunggu Realisasi Pengajuan Wilayah

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 29 April 2021 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang – Berada di wilayah paling ujung, Kabupaten Seruyan secara khusus tidak mengajukan surat terkait meminta kelonggaran masyarakat untuk mudik lokal atau keluar masuk di wilayah aglomerasi.  

Kadis Perhubungan Seruyan, Idham BW Kusuma menjelaskan, Kabupaten Seruyan hanya menunggu realisasi usulan yang telah disampaikan Pemkab Kotim ke Pemerintah Provinsi Kalteng, dengan menjadikan 3 kabupaten sekitarnya sebagai daerah aglomerasi atau mudik lokal.

“Kotim sudah mengusulkan wilayah sekitarnya yakni Seruyan, Katingan dan Palangka Raya menjadi daerah aglomerasi atau mudik lokal, mudah-mudahan ini bisa di realisasikan,” ungkapnya, Kamis, 29 April 2021.

Menurut Idham, apabila  permohonan ini di realisasikan, maka akan  di berikan kelonggaran kepada warga di Kabupaten Seruyan  untuk dapat melaksanakan mudik lokal di daerah aglomerasi .

Kemudian, apabila ini terealisasi, diharapkan  mobilitas masyarakat di wilayah  ini tetap berjalan dengan baik, dan warga masih bisa melaksanakan mudik baik antar kecamatan maupun antar kabupaten sekitar.

Apalagi menurut Idham, selama ini wilayah Kabupaten Seruyan khususnya dengan Kabupaten Kotim seperti satu kesatuan saja, karena arus mobilitas orang dan barang antar kedua wilayah ini sama-sama saling keterkaitan.

“Selama ini banyak barang kebutuhan masyarakat yang di pasok dari Sampit, begitu juga sebaliknya hasil perikanan kita banyak di kirim untuk memenuhi permintaan warga disana bahkan hingga Palangka Raya,” ucapnya.

Atas dasar ini, menjadi salah satu alasan untuk bisa  di berikan kelonggaran atau  di perbolehkannya masyarakat melakukan mudik lokal di wilayah aglomerasi.

“Tetapi sebagaimana harapan Pemerintah,  agar warga tidak melaksanakan mudik Hari Raya Idul Fitri, guna melindungi diri dan keluarga dari paparan Covid-19,” tandasnya. (FAHRUL/B-7)

Berita Terbaru